Kamis, 19 November 2015

Bunga Desember, Mekarnya Tidak Membuat Desember Kelabu

APA yang menarik dari Bunga Desember? Kecuali warna dan tampilan bunga yang merah merekah hingga bisa membuat terperangah, sesungguhnya bunga ini bisa dapat buat jadi sebagai indikator iklim. Bagaimanakah tak, bunga ini umumnya hanya mekar pada bln. Desember dan sekitarnya (Oktober-November atau Januari-Februari). Hal sejenis ini berikanlah isyarat bahwa musim hujan memang telah tiba. Namun apabila mekar di luar bulan-bulan itu, yang pasti bawah iklim (global) telah alami pergeseran hingga merubah pola musim hujan-kemarau.

Sekilas tentang iklim global, kacaunya iklim saat ini telah mengubah siklus pertanian. Dulu musim kemarau dan musim hujan di Indonesia semasing jalan enam bln. dalam setahun. Sekarang ini sudah berpindah. Ada kalanya musim kemarau lebih panjang. Ini jelas merugikan petani. Mereka tidak bisa lagi memperkirakan kapan waktu yang cocok untuk mulai menanam.

Kembali ke Bunga Desember, Bunga-bunga Desember di depan rumah (orang-tua) saya seringkali mekar tak pas waktunya atau tidak seperti waktu th. 80-90-an. Apabila kemarau berkepanjangan jalan seperti th. 1997 lalu, bunga ini bermekaran pada bln. Januari, lantaran musim penghujan waktu itu jatuh sekitar akhir bln. desember 1997. Demikian juga waktu th. 1998, dimana hampir sehari-hari hujan walaupun di bln. Juni-September, bunga ini banyak yang bermekaran dan nyaris tak pernah mati dengan kata lain senantiasa tumbuh dengan menyebabkan dedaunan.
Sampai saat ini, Bunga Desember itu sekarang ini tetap masih lestari walaupun setiap saat seringkali umbinya dicungkil saudara, sahabat atau tamu dari luar kota. Penanaman dan perawatan bunga ini betul-betul sangatlah mudah. Untuk mengembangbiakan tinggal memisah anakan umbi yang biasanya tumbuh ikuti umbi paling penting. Bentuk bonggol umbi bunga desember mempunyai bentuk berlapis-lapis, dengan akar serabut bewarna keputihan.

Setelah dipisah, umbi anakan ini bisa ditanam di tempat lain seperti pot atau polybag. Yang perlu diperhatikan janganlah pernah pernah pernah media tanam terlalu basah atau kedab air lantaran akan mengakibatkan umbi akan membusuk dan gagal tumbuh. Selain itu, penempatan media harus ditempat teduh, jangan sampai pernah pernah terpapar sinar matahari selekasnya sepanjang selama sepanjang hari. Lantas apabila daun sudah mulai terbentuk atau mulai tumbuh kita bisa sedikit " memanaskan " atau kita geser ke tempat yang sinar mataharinya makin banyak.

Lantas, apabila sudah datang musim hujan (Oktober) kita bisa memindah tanaman ini ke media yang lebih luas (pot yang makin besar) atau selekasnya ditanam di halaman (taman). Tinggalah kita menunggu munculnya Bunga Desember ini, syukur-syukur mekarnya Bunga Desember cocok di bln. Desember, sampai membuat Desember kita benar-benar tidak kelabu!
source:
Toko Bunga Jakarta Timur 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar