Rabu, 18 November 2015

CARA MEMPERBANYAK DAN STEK BUNGA BOUGENVILLE

Bugenvile atau bunga Kertas bunganya yang cantik bermacam warna buat bugenvile sangat disukai sebagian pengagum tanaman termasuk saya hehehe. Terutama langkah perawatannya dan menanamnya sangat mudah, itu menurut saya, perbanyakan melalui langkah Stek, potong/tebas dahannya tinggal tancapkan di tanah, sudah bisa tumbuh. Tetapi tetangga saya jadi menanam melalui langkah stek seperti saya ini tak pernah berhasil loh heheeh. Tetapi apabila sudah ngambek, tanaman ini dapat malas berbunga.. *kalau tak memahami atau belum tahu sipat dari Bunga ini.
Umumnya orang saksikan daya pesona bugenvil pada berbagai bunganya yang berwarna-warni. Ada yang merah cerah (b. Spectabilis Rubra Plena), Putih (b. Spectabillis Alba), Kuning (b. spertabilis glabra Salmonea), Merah jambu (b. spectabillis Arborea). Kelopak bunganya yang tunggal maupun ganda buat orang gemas melihatnya ingin sekali memetik sang bunga hehehe. Tetapi sesungguhnya bunga-bunga yang kita kagumi itu cuma bunga-bunga semu. Yang betulan dan riil yakni BUNGA DESA hehehe. Ups, Bunga yang sesungguhnya jadi kecil dan tenggelam di tengah-tengah bunga semu.
Jika daun-daunnya terlampau rimbun juga bugenvil jadi malas berbunga. Karena itu, pertahankan daun pohonnya dalam kondisi 1/2 gundul.

Supaya dalam satu pohon bugenvil terdapat beberapa warna bunga sekalian, Anda dapat kerjakan penyambungan stek-stek pada ranting atau dahannya.
Di bagian pucuk ranting berdiameter 5 - 10 mm dipotong serong atau dipotong bentuk V. Lalu sambung dengan stek pucuk dari bugenvil berbunga lain/wana bunga yg tidak sama yang dipotong serong berlawanan dengan bunga asal. Ikat segi sambungan itu erat-erat dengan tali rafia agar terlindung dari rembesan air hujan yang bisa mengakibatkan batang busuk.

Jika puncak-puncak sambungan telah tampak fresh kembali, bukalah ikatan talinya. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan lakukan penyetekan ini pada musim penghujan. Demikian waktu itu saat tanaman ini berbunga, jadi Anda pasti akan beroleh berbagai warna bunga dalam satu tanaman.
source:
Toko Bunga Online Bekasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar