Kamis, 04 Februari 2016

Melihat Bunga Bangkai Raksasa di Bekasi, Siapkan Uang Rp 50.000

Bunga bangkai raksasa atau Amorphophallus titanum jadi daya tarik sendiri untuk wisatawana waktu mekar lewat langkah sempurna. Momen-momen saat bunga bangkai raksasa mekar ini hanya akan bertahan selama 8 hingga 48 jam.

Tananaman endemik Pulau Sumatera ini bisa dilihat di Rumah Perubahan, Bekasi, Jawa Barat. Jadi, warga Jakarta dan sekitarnya tidak butuh jauh-jauh ke Pulau Sumatera untuk saksikan bunga bangkai.

Pengelola Rumah Perubahan, Afifa Anistia memprediksikan bunga bangkai raksasa itu akan mekar lewat langkah sempurna. Namun, apabila ingin bertandang ke Rumah Perubahan untuk saksikan bunga Amorphopallus, pengelola akan gunakan biaya pada wisatawan.

 " Semasing pengunjung yang ingin saksikan bunga bangkai di Rumah Perubahan akan dikenai biaya Rp 50. 000 per orang sebagai biaya konservasi, " kata Afifa pada KompasTravel saat dijumpai di Rumah Perubahan, Jati Murni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Ia mengemukakan biaya itu yakni harga paket yang di menawarkan oleh pihak pengelola untuk wisatawan yaitu saksikan bunga bangkai raksasa, berkeliling ruangan Rumah Perubahan, saksikan koleksi tanaman-tanaman langka, penjelasan langkah kerja biogas, pembuatan tempe embun, dan langkah penanaman organik, termasuk pemandu wisata.

 " Lamanya paketnya satu jam. Nantinya 30 menit di bagian bunga bangkai jadi bisa beberapa foto dan di beri penjelasan. Sisanya nantinya berkeliling di Rumah Perubahan, " katanya.

Afifa berikanlah setiap harinya buka beberapa tiga kloter untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Rumah Perubahan untuk saksikan bunga bangkai raksasa. Untuk per kloter, lanjut dia, di isi beberapa 10-20 wisatawan dengan ditemani satu pemandu wisata.

Pengelola Rumah Perubahan, Afifa Anistia mengajak KompasTravel berkeliling di ruangan Rumah Perubahan, Jati Murni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat. Di sepanjang perjalanan terlihat beberapa tanaman, lapangan rumput, rumah pembuatan tempe embun, kandang sapi, pembuatan biogas, dan tanaman-tanaman.
 " Jadi kita untuk per kloter supaya tak penuh. Lebih baik apabila mau ke sini hubungi pihak pengelola lebih dulu. On the spot bisa tetapi apabila tak dapat kuota, lebih diprioritaskan yang sudah menghubungi lebih dulu, " papar wanita lulusan sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu.

Pengelola Rumah Perubahan bisa dihubungi di nomor (021) 845 90010 dan (021) 843 04579. Hal semacam itu menurut Afifa untuk memudahkan pendataan wisatawan yang ingin berkunjung saksikan bunga bangkai raksasa itu.

Bunga Amorphopallus telah ditanam 10 th. silam di Rumah Perubahan yang ada di Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Bunga itu dibudidayakan oleh sang pendiri Rumah Perubahan, Rhenald Kasali.

Amorphopallus titanum yaitu tanaman endemik Sumatera yang dapat dibudidayakan di dataran rendah yang bercuaca panas, seperti di Bekasi atau Jakarta. Tak heran apabila bunga itu dapat tumbuh di Rumah Perubahan

Rumah Perubahan ada di Jl. Raya Hankam, Jatimurni, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat tepatnya di dalam Gang Masjid di samping Gardu Induk PLN Jati Ranggon. Dari Gang Masjid hingga pintu masuk Rumah Perubahan berjarak sekitaran 200 mtr..
source:
Hadiah Valentine Untuk Wanita Jakarta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar