Kamis, 04 Februari 2016

Kuripan Panen 17 Varietas Bunga Krisan

Desa Kuripan, Kecamatan Garung dinilai demikian cocok sebagai sentra budi daya tanaman hias tipe bunga krisan.

Dengan iklim dan cuaca yang penuhi prasyarat, serta telah terdapatnya sumber daya manusia, sudah sewajarnya jika desa yang ada 1. 200 mtr. di atas permukaan laut itu memulai untuk konsentrasi pada usaha tingkatkan krisan. Terlebih, saat ini kepentingan pasar pada bunga krisan masih tetap sekian tinggi, dan bahkan sering tak dapat dipenuhi.

’’Dengan dana transfer desa yang sekarang ini jumlahnya demikian penuhi, saya kehendaki Kuripan bisa tingkatkan tanaman bunga krisan lewat langkah lebih serius, ’’ kata Bupati Wonosobo, Kholiq Arif lebih dulu memulai panen perdana 17 varietas baru tanaman bunga ini di Desa Kuripan. Menurut Bupati, potensi ekonomi yang bisa dihasilkan dari pengembangan tanaman bunga krisan akan demikian bermanfaat untuk berikanlah kesejahteraan petani.

’’Bila satu tangkai krisan bisa menghasilkan Rp1. 000, - sampai Rp2. 500, jadi potensi rupiah yang bisa dihasilkan semasing panen bisa demikian mempesona, ’’ lanjut Kholiq. Untuk menangkap peluang mengundang selera itu, ia memohon Kepala Desa Kuripan tidak untuk ragu membagikan dana transfer desa (DTD) ke tempat krisan.

’’Dana transfer dapat digunakan untuk ingintasan kemiskinan, dan dengan potensinya, bunga krisan demikian bisa dapat membawa warga beberapa orang nikmati pendapatan yang ideal, ’’ pesannya. Untuk berikanlah kepercayaan warga Kuripan, bupati mencontohkan Kota Bandung dan Sukabumi, yang dari budi daya bunga hias bisa menghasilkan transaksi triliunan rupiah.

Mempunyai Kualitas Bagus

Potensi ekonomi mempesona bunga krisan asal Kuripan juga ditegaskan Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Kementerian Pertanian RI, Rudi Suhendi. Di depan sebagian petugas penyuluh pertanian yang turut ada pada acara panen perdana itu, Rudi buka fakta bila dengan kondisi iklim yang sama juga dengan seperti Kuripan, pihaknya mengaku bisa tingkatkan 17 varietas baru krisan.

’’Bunga krisan dari Kuripan ini bahkan juga termasuk juga juga juga juga juga juga juga juga memiliki kualitas bagus dan bernilai ekonomi tinggi, karena iklim dan cuacanya betul-betul sekian mendukung, ’’ tuturnya. Karena hal sejenis itu juga, dalam rangkaian gelar teknologi tanaman hias Wonosobo yang dihelat selama 4 hari terakhir Balithi diakui Rudi mempunyai prinsip untuk melatih warga Kuripan membudi dayakan krisan dengan dukungan teknologi penuhi.

Desa Kuripan sendiri, seperti diterangkan Camat Garung, Santoso, selama setahun lebih terakhir memang telah tingkatkan krisan sebagai satu di antara usaha berikanlah kesejahteraan petani setempat.

’’Pemasaran krisan, kecuali untuk penuhi hasrat dalam kota, saat ini juga telah tiba ke beberapa kota di luar Wonosobo seperti Purwokerto, Kebumen, dan Purworejo, ’’ katanya.
source:
Hadiah Valentine Untuk Laki Laki Bogor 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar