Rabu, 03 Februari 2016

Di Kebun Raya Bogor Ada Anggrek Iriana Jokowi Lho!

Pusat Konservasi Tanaman Kebun Raya Bogor-LIPI mendapatkan pekerjaan buat perlindungan anggrek Dendrobium Iriana Jokowi yang didapat dari Pemerintah Singapura pada Ibu Negara Iriana Joko Widodo waktu bertandang ke Singapura belum lama ini.

 " Anggrek Dendrobium Iriana Jokowi diserahkan oleh pihak Istana Bogor ke Kebun Raya Bogor serta kami menerimanya untuk dirawat serta diperbanyak jika demikian " kata Wakil Kepala LIPI, DR Ahmadi Abbas, selesai ikuti Menpan-RB meninjau Taman Anggrek, Kebun Raya Bogor.

Sekarang ini, lanjut dia, anggrek Dendrobium Iriana Jokowi dikarantina didalam Taman Anggrek untuk mendapatkan perawatan intensif, lantaran keadaannya telah ada tanda sinyal layu akibat diserang jamur.

 " Kami berusaha berikanlah perawatan, keadaan anggrek ini mulai sejak pertama di kirim ke Kebun Raya Bogor telah ada jamur di daunnya. Telah ada tanda sinyal layu, serta sebagian daunnya telah ada yang jatuh, " tuturnya.

Menurut Ahmadi, step awal tim peneliti anggrek PKT Kebun Raya Bogor-LIPI berusaha untuk menyehatkan Dendrobium Iriana Jokowi dari serangan jamur dengan berikanlah berbagai obat anti jamur (Fungisida) serta tonik antistress.

 " Usaha pemulihan ini tak gampang, butuh saat makin lebih dua bln. buat perlindungan bahkan juga hingga satu tahun. Jika keadaannya telah sehat, jadi baru kita bakal kerjakan perbanyakan lewat langkah kultur jaringan, " terangnya.

Ahmadi berikanlah sepanjang dua hari perawatan yang diakukan oleh tim PKT Kebun Raya Bogor-LIPI keadaan anggrek Dendrobium Iriana Jokowi telah tunjukkan arah positif, telah jalan penyerbukan bunga ke putik. Ada satu yang diserbukkan mungkin saja saja saja saja saja saja saja biji serta mempermudah untuk pengembangbiakan.

Diluar itu, Eka Marta Della Rahayu, pengawas koleksi angrek serta orchidarium serta laboratorium kultur jaringan PKT Kebun Raya Bogor-LIPI mengemukakan keadaan stres serta berjamur gampang menyerang bunga anggrek, ditambah lagi lantaran Dindrobium Iriana Jokowi telah lewat perjalanan jauh dari Singapura menuju Jakarta, lantas pernah berkunjung ke Semarang serta baru dibawa ke Bogor.

 " Keadaan anggreknya sekarang ini masih tetap dalam perawatan intensif, lantaran dari perjalanan jauh Singapura-Indonesia. Kami memperlakukan anggrek ini sama saja dengan kami memperlakukan anggrek yang di ketahui di lapangan, " tuturnya.

Eka menyampaikan, usaha perawatan yang diakukan dengan merangsang tumbuhnya akar, berikanlah antonik antistres, dan anti jamur. Meskipun itu lantaran keadaannya tetap masih ada jamur, hingga belum demikian untuk diperbanyak.

 " Kami mendapatkan amanat buat perlindungan, dipelihara serta diperbanyak. Cuma sekarang ini untuk perbanyak belum dapat, lantaran tetap masih ada serangan jamur, " tuturnya.

Menurut Eka, anggrek sekian gampang diserang jamur, terlebih keadaan Denbrodium Iriana Jokowi telah lewat perjalanan jauh. Penyesuaian lingkungan dari National Orchid Garden, Singapore Botanical Garden ke alam Indonesia membutuhkan sistem serta perlakuan spesial supaya bunga tak gampang rusak.

 " butuh penyesuaian, lantaran awalannya ada di tempat yang nyaman didalam tempat tinggal kaca, lantas dibawa perjalan jauh, diserang panas, dingin, satu hal yang lumrah, geser tempat buat bunga stres, " tuturnya.

Nama Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo untuk menjadikan nama anggrek type Dendrobium christabela di National Botanical Garden Singapura dalam kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Singapura..

Presiden Jokowi mengakui berkesan dengan diplomasi ala Negeri Singa. " Ini namanya diplomasi bunga, jadi bunga jadikan alat persahabatan. Langkah lain untuk merajut persahabatan. Jadi beberapa cara merajut persahabatan tak mesti dengan " meeting " atau bertemu antardiplomat. Sekian terkesan berikanlah nama bunga Iriana Jokowi, " kata Jokowi.
source:
Hadiah Valentine Untuk Laki Laki Jakarta Timur 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar