Selasa, 09 Februari 2016

Bunga Lily (Lilium)

Bunga Lily atau Lilium sesungguhnya yakni bunga musim panas. Bunga cantik ini memperindah taman anda dengan warna cerah dan harum semerbak wanginya. Mereka selalu ditunggu-tunggu oleh sebagian tukang kebun, kehadirannya di taman sering dihormati sebagai ratu kebun. Ada ungkapan bila bunga Lily yakni perhiasan taman surgawi.

Nama Lily atau Lilium yakni bentuk Latin datang dari kata Yunani, Leirion. Warna putihnya terlihat suci. Kelopaknya yang besar dan mengecil, melengkung dengan indah dan anggun. Semasing memekar, selalu terbuka sempurna dan penuh keteguhan hati. Harumnya terasa lembut, buat hati terasa tenang.

Bunga lily yakni bunga orang dewasa, bunga yang anggun dan penuh kekuatan hasrat hidup seorang wanita. Itu yang membedakannya dengan bunga melati, yang berikanlah ketenangan untuk mengantar kepergian orang terkasih, walaupun sama - sama putih.

Lili demikian mudah tumbuh, beberapa varietas dapat di kenali tumbuh liar dalam jumlah besar. Lili membutuhkan waktu aktif dingin untuk berkembang. Ini berarti bila mereka tumbuh terbaik di banyak daerah yang peroleh sedikitnya udara dingin yang sejuk. Lili membutuhkan udara lembab dan sedikit asam tanah.

Tanaman ini bisa cocokkan dengan habitat rimba, seringkali pegunungan, dan terkadang habitat rerumputan. Beberapa bisa hidup di rawa. Umumnya tanaman ini lebih cocok tinggal di habitat dengan tanah yang mempunyai kandungan kandungan asam seimbang.

Waktu hidup bunga lily juga lebih lama dari yang lain. Kuat bertahan lebih lama dan wanginya lebih lama. Dan harga nya yang lebih lebih mahal dari bunga yang lain, memang sepadan dengan kualitas dan keindahannya. Hanya yang diambil dan dapatkah yang bisa memilikinya.

Bunga Lili yakni bunga yang dihargai sejak mulai zaman kuno, terutama di grup sebagian orang Yahudi dan Yunani. Legenda mengemukakan bila bunga bakung tumbuh dari air mata Hawa waktu ia dibuang dari Taman Eden. Bunga lily diterangkan banyak kali di dalam Alkitab. Lembah bunga lily mewakili Perawan Maria dan Kebangkitan Yesus Kristus. Bunga bunga lily popular di kekristenan beberapa sekarang ini, karena melambangkan kesucian.

Penyebaran bunga lily meliputi tempat Eropa dan meliputi daerah Mediterania Utara, melintas kesebagian besar tempat Asia menuju Jepang, India, dan Filipina Selatan. Dan saat ini telah menyebar ke tempat selatan Kanada melalui Amerika Serikat.

Ada banyak tanaman yang juga diterangkan sebagai lily, tetapi sebenarnya bentuk ataupun jenisnya jauh berbeda dari lily yang sebenarnya.

Tipe Bunga Lily yang popular yakni sebagai berikut : Madonna lily, Tiger lily, Asiatic lily, Oriental Trumpet, Rubrum lily, Canna lily (tropis), Calla lily, Daylily dan Wild lily. Asiatic lily dan bunga lili Oriental kerapkali jalan di belahan bumi utara.

Bunga Lily yaitu tanaman berbunga yang tumbuh dari umbi. Ada sekitaran 100 tipe Bunga lily. Berwarna lembut serta memiliki keharuman yang khas buat bunga ini seringkali ditanam sebagai tanaman hias atau bunga potong. Namun kecuali dikagumi karena bentuk bunganya yang cantik, ada banyak tipe lily terkadang ditanam lalu dipanen hanya untuk diambil umbinya saja.

Biasanya bunga lily tumbuh cocokkan dengan habitatnya, seperti daerah berhutan, pegunungan atau terkadang daerah rerumputan. Bahkan beberapa dapat bertahan hidup di tanah rawa dan memiliki akar mengambang seperti yang popular di Asia Tenggara (Lilium Arboricola). Tetapi umumnya tanaman ini dapat tumbuh baik di tanah yang gembur.

Bunga Lily yaitu tipe bunga yang rimbun. Untuk bunganya sendiri, bunga ini terdiri dari enam kelopak yang cukup besar, biasanya wangi dan memiliki berbagai warna mulai dari putih, kuning, oranye, merah muda, merah dan ungu. Ada juga yang berbintik-bintik dan bergaris-garis lembut.

Bunga Lily memiliki kelebihan satu diantaranya dapat bertahan hidup lebih lama juga memiliki wangi yang tahan lama apabila di banding dengan bunga yang lain.

Perawatan

Untuk perawatannya, bunga lily demikian memerlukan air yang cukup agar tidak kekeringan. Dan ingat, jangan sampai tempatkan tanaman lily di tempat yang selekasnya diserang sinar matahari.

Akar tanaman ini biasanya cukup banyak dan menjuntai keluar oleh karena itu Anda perlu ubah media tanamnya jika akar tanaman lily telah buat bola hingga dinding pot. Untuk pergantian ini sebaiknya diakukan pada awal musim penghujan dimana saat itu tanaman lily dalam kondisi aktif tumbuh.

Tipe Lily

Menurut mempunyai bentuk sendiri, pada intinya ada 3 bentuk bunga lily,
Bowl Shaped : Kelopak bunga melebar keluar dan bunganya mempunyai ukuran demikian besar
Trumpet Shaped : Kelopak bunga menbentuk tabung dan melengkung diujungnya, seperti terompet.
Turk's Cap-Shaped : Kelopak bunga bergulung keluar (demikian melengkung)
Tengah menurut speciesnya, pada intinya ada 4 tipe lily,
Lilium Regale, terkadang dikenal sebagai Regal Lily atau Lilium Trumpet Regale. Memiliki bunga berbentuk terompet berwarna putih dengan pangkal kuning dan wangi yang semerbak.
Lilium Henryi, yaitu species asal China, berwarna oranye. Berbentuk tegap dan biasanya berbunga banyak.
Lilium Candidum, datang dari Timur Tengah. Demikian harum dan demikian popular.
Lilium Lancifolium, berbentuk Turk's Cap, berwarna orange dengan bintik-bintik yang gelap.
Manfaat

Sebagai bunga potong atau bunga hias, Jika disandingkan dengan bunga yang lain, bunga lily takkan mencolok dan menukar perhatianmu, sebaliknya jadi menyokong dan melembutkan penampilan bunga yang lain sampai terlihat keindahan sempurna. Buket tidak ada bunga lily, hanya akan jadi kontes bunga cantik. Tidak tertangkap keindahan keseluruhannya.

Sebagai bahan kosmetika, Saponin umumnya ada pada umbi-umbian dan biji-bijian. Saponin bertindak untuk menghambat perubahan kanker dan membantu mengatur kandungan kolesterol.

Saponin ini bisa ada di dalam Lily, itu pemicunya beberapa product kosmetik ada yang menggunakan bunga Lily untuk menghindar mengembangnya sel kanker di kulit (terutama apabila kulit terus menerus diserang sorotan sinar matahari lewat langkah selekasnya). Ekstrak bunga Lily dapat membantu buat perlindungan kelembaban kulit, berikanlah perawatan spesial untuk kulit kering, kulit iritasi dan kulit sensitif.

Polisakarida yang ada pula di dalam bunga ini termasuk dalam group hidrokoloid, faedahnya membantu tingkatkan viskositas dan kestabilan kelembaban air yang ada di kulit. Di dalam kulit, polisakarida ini menahan kandungan air yang ada agar tetaplah ada pada jumlah yang seimbang.

Sebagai bahan obat-obatan, Membantu menyembuhkan dan singkirkan bekas luka di kulit, misalnya luka bakar, luka akibat jatuh. Dan kelebihannya, Lily dapat menyembuhkan luka tidak ada bekas.

Sebagai bahan wangi-wangian
source:
Hadiah Valentine Yang Unik Jakarta Selatan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar