Rabu, 03 Februari 2016

Kenali Manfaat dari Warna-warni Bunga Krisan

Bunga Krisan atau bernama latin Chrysanthemum morifolium memang sudah sering dijumpai. Bunga yang datang dari Jepang dan Tiongkok ini memiliki bentuk kelopak bunga yang berlapis-lapis dengan warna bermacam tipe. Tembat tumbuh yang sama juga dengan untuk bunga ini yakni dataran tinggi dan berhawa sejuk.
Bunga yang sering disebut Seruni ini bisa tidak mudah layu dan tidak memiliki keharuman yang tajam seperti melati. Biasanya digunakan sebagai tanaman hias dan dekorasi pesta. Bentuk bunganya yang bermacam tipe, memang jadi pilihan yang cocok buat untuk cantik ruangan.

Namun manfaat bunga krisan tidaklah hingga disitu. Sesungguhnya bunga ini bisa memiliki manfaat yang lain yg tak kalah dengan tipe bunga yang lain di Indonesia. Bukan hanya memperindah tampilan ruangan, krisan bahkan juga dapat juga jadi pengusir serangga dan berguna medis. Seperti apa faedahnya? Itu penuturannya

Bunga krisan untuk pengusir serangga :
Didalam bunga krisan ada zat yang disebut PIRETRIN yaitu zat yang dapat mengatur serangga seperti nyamuk, kutu ternak dan lalat namun kurang efektif untuk membunuh kecoa dan semut. Senyawa piretrin ini dapat bekerja dengan baik apabila sudah berbentuk cairan atau bubuk. Langkah mengolahnya yaitu : kumpulkan bunga, daun dan batang krisan beberapa 250gram lantas jemur hingga kering selama 1-2 hari di cuaca panas. Lalu leburkan bunga kering ini hingga jadi bubuk lantas campur dengan air. Perbandingannya yakni 20 gr bubuk bunga dengan 10 liter air.

Input larutan bunga krisan dalam botol lantas semprotkan pada ruangan atau sebagian tempat yang banyak serangga seperti nyamuk. Dalam hitungan 30 menit nyamuk akan sempoyongan lantas pingsan. Penyemprotan dapat diulang 10 menit setelah pertama akan bisa buat nyamuk benar-benar mati. Penelitian ini diakukan pada ruangan yang di isi nyamuk aides aygepti. Lalu nyamuk benar-benar mati kurun saat lebih kurang 30 menit.

Senyawa piretrin ini bisa memiliki resikonya yang mudah untuk manusia. Apabila kulit diserang cairan piretrin yang jalan yakni rasa gatal, iritasi kulit dan alergi mudah. Kondisi ini dapat hilang melalui langkah bersihkan kulit dengan air bersih selama 2 menit. Apabila tertelan daya racun piretrin termasuk juga demikian rendah karena tidak selekasnya bereaksi pada saluran pernafasan dan pencernaan manusia. Apabila sudah tiba ke lambung jadi racun ini akan cepat dinetralisir oleh lambung. Oleh karena itu penggunaan bunga krisan disangka sebagai pembasmi serangga yang ramah lingkungan. Karena berefek buruk untuk serangga namun tidak menyebabkan keracunan pada manusia.
Manfaat teh bunga krisan untuk kesehatan :
Ekstrak bunga krisan biasanya diproduksi oleh pabrik teh. Manfaat teh bunga krisan salah satunya untuk meredakan flu dan sakit kepala mudah. Teh bunga krisan berwarna kuning keemasan karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya cukup tinggi sampai dapat tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan vitamin B yang ada pada bunga chrysant membantu metabolism lemak, folacin yang diperlukan oleh system saraf dan saluran pencernaan. Bunga krisan tidak mempunyai kandungan cafein sampai tidak mengakibatkan sinyal tanda seperti jantung berdebar, mual dan lemas. Minumlah teh bunga krisan secara teratur untuk beroleh manfaat vitamin C, B, kalsium, magnesium dan mineral yang ada didalamnya.
Manfaat bunga krisan sebagai pengobatan pada beberapa penyakit kulit seperti :
1. Pembengkakan sudut mata
2. Jerawat
3. Bisul.
Langkah pemrosesannya yaitu : ambil dua tangkai bunga chrysant bersihkan bersih lalu di tumbuk hingga halus. Lalu peras sari pati airnya. Lantas gunakan kain kassa untuk mengompres beberapa segi tubuh yang sakit tadi selama 5 menit sampai benar-benar sembuh.
 Manfaat bunga krisan sebagai pengobatan penyakit dalam seperti :
1. Pereda batuk brochitis
2. Difteri
3. Sakit tenggorokan :
Gunakan 15 – 30 gr bubuk bunga krisan lantas rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 300 cc. Tunggu hingga hangat kuku lalu minum 3 kali sehari dengan ukuran 100 cc dalam sekali minum. Bubuk bunga krisan dapat dibeli di sebagian toko penjualan bahan herbal. Untuk difteri gunakan gabungan 1 buah mengkudu yang irislah tipis waktu merebus teh.
Manfaat bunga krisan untuk mengatasi persoalan kewanitaan seperti :
1. Keputihan
2. Bau tidak enak
3. Gatal pada daerah kewanitaan
Ambil 10 gr herba krisan, 10 gr sambiloto, 10 gr daun jambu biji semua bahan ini dalam keadaaan benar-benar kering. Lantas rebus bersamaan 600 cc air hingga jadi 300 cc. Gunakan untuk bersihkan daerah kewanitaan dan sebagai air berikanlah untuk mandi. Selain itu jaga selalu kebersihan daerah kewanitaan dengan baik agar bakteri pemicunya keputihan tidak hidup didalamnya.
Manfaat daun krisan untuk lelaki
Daun krisan dapat mengatasi rasa gatal pada buah zakar :
Langkahnya ambil 100 – 200 gr daun bunga krisan lantas rebus dengan air seadanya. Gunakan handuk untuk mengopres buah zakar yang gatal waktu air rebusan masih tetap hangat secara teratur sampai rasa gatal benar-benar hilang.
source:
Hadiah Valentine Untuk Laki Laki Jakarta Utara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar