Kamis, 08 Oktober 2015

Tanaman Hias Bunga Tapak Dara dan Cara Perawatannya

Bunga Tapak Dara yaitu tanaman perdu tahunan yang datang dari Madagaskar, tetapi sudah menebar ke berbagai daerah tropik yang lain. Nama ilmiahnya Catharanthus roseus (L.) Don. Di Indonesia tumbuhan hias pekarangan ini di kenal dengan bermacam type nama, seperti di dimaksud sindapor (Sulawesi), kembang tembaga (bhs Sunda), serta kembang tapak dårå (bhs Jawa). Orang Malaysia mengenalnya sebagai kemunting cina, pokok rumput jalang, pokok kembang sari cina, atau pokok ros pantai. Di Filipina ia di kenal juga sebagai tsitsirika, di Vietnam juga sebagai hoa hai dang, di Cina di kenal juga sebagai chang chun hua, di Inggris juga sebagai rose periwinkle, serta di Belanda juga sebagai soldaten bloem.
Bunga Tapak Dara gemari pada beberapa tempat yang terbuka, namun tidak tutup kemungkinan dapat tumbuh ditempat yang agak terlindung juga. Habitus perdu tumbuh menyamping, Tinggi tanaman dapat meraih 0, 2-1 mtr.. Daunnya berupa bulat telur, berwarna hijau, tersusun menyirip berselingan. Panjang daun seputar 2-6 cm, lebar 1-3 cm, serta tangkai daunnya sangatlah pendek. Batang serta daunnya memiliki kandungan lateks berwarna putih. Bunganya aksial (tampak dari ketiak daun). Kelopak bunga kecil, berupa paku. Mahkota bunga berupa terompet, ujungnya melebar, berwarna putih, biru, merah jambu atau ungu bergantung kultivarnya. Buahnya berupa gilig (silinder), ujung lancip, memiliki rambut, panjang seputar 1, 5 - 2, 5 cm, serta mempunyai banyak biji.
Langkah Perawatan Bunga Tapak Dara

Tanaman Hias ini tak tahan pada pemangkasan besar serta bisa mati karena itu. Tapak dara umumnya diperbanyak dengan bijinya yang lembut. Langkahnya, siapkan biji- biji yang tua, lantas semaikan disuatu tempat persemaian. Masukkan biji ke tanah, lantas tutup dengan susunan tanah setipis tidak tipis bijinya. Rajinlah menyiram. Bila biji-biji mulai berkembang, serta tingginya telah meraih seputar 15 - 20 cm, biasanya bisa dipindahkan ke tempat yang di idamkan.

Menanam bunga tapak dara didalam pot, siapkan pot serta media tanamnya. Pot dapat dari tanah liat, semen, atau kaleng sisa. Media tanamnya berbentuk paduan tanah subur, kompos, serta pupuk kandang (komposisi 2 : 1 : 1). Bibit selekasnya ditanam, serta lantas ditempatkan ditempat teduh. 1 minggu lalu, diletakkan ditempat terbuka. Jika mau ditanam di kebun pekarangan, butuh di buat lubang tanah memiliki ukuran 15 x 151 x 15 cm, dengan jarak diantara lubang 50 cm. Semasing lubang di beri pupuk kandang atau kompos sebagian 1, 5 kg. Masukkan bibit ke lubang, lantas timbun dengan tanah, serta siram.

Untuk perawatannya, tanaman hias bunga tapak dara tak menuntut perawatan spesial. Asal disiram serta di beri pupuk, telah cukup. Pada awal pergantian, pakai pupuk yang kandungan nitrogennya tinggi, atau pupuk daun yang disemprotkan pada permukaan bawah daun waktu pagi hari. Lalu, saat tanaman mulai berbunga, untuk merangsang pembungaan, bisa dipakai pupuk yang mempunyai kandungan fosfor tinggi. Nah, jika rajin buat perlindungan, tentulah ditanggung tapak dara bakal berbunga selama th..
source:
Toko Bunga Jakarta Pusat 

3 komentar:

  1. Adakah anda pernah ditolak oleh bank kerana skor kredit yang rendah? Jangan bimbang, anda mempunyai pilihan! pinjaman SOS mungkin tidak menghubungkan anda dengan pemberi pinjaman swasta yang boleh membantu anda mencapai matlamat anda.
    - GOOD KREDIT ATAU KREDIT BAD NO PROBLEM!
    - TRAIN PINJAMAN
    - Pinjaman Peribadi
    - Memupuk asalnya KREDIT ANDA
    - Memberi penekanan yang HUTANG ANDA
    Dapatkan wang anda dalam tempoh 5 hari!
    Ada sebarang pertanyaan lanjut, sila e-mel kepada kami di joycerolandloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  2. Hello, i am Puan Nelly Precious, pemberi pinjaman pinjaman peribadi yang memberi hidup, pinjaman alternatif. Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membersihkan hutang anda atau anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan perniagaan anda? Adakah anda pernah ditolak oleh bank-bank dan institusi kewangan lain? Adakah anda memerlukan pinjaman penyatuan atau gadai janji? Ia kelihatan tidak lebih, kerana kita berada di sini untuk semua masalah kewangan anda pada masa lalu. Kami pinjaman wang kepada individu yang memerlukan bantuan kewangan, yang mempunyai kredit yang buruk atau memerlukan wang untuk membayar bil-bil, untuk melabur dalam kadar perniagaan mereka sebanyak 2%. Saya mahu menggunakan medium ini untuk memberitahu anda bahawa kami menjadikan dipercayai dan penerima bantuan kewangan, dan akan bersedia untuk menawarkan anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mel: (nellyperious@gmail.com)

    BalasHapus