Minggu, 11 Oktober 2015

Bunga Air Mata Pengantin Si Perambat Indah

Bunga air mata pengantin (Antigonon) jadi salah satu tanaman bunga merambat (liana) yang indah. Tumbuhan air mata pengantin juga jadi salah tanaman hias luar ruang yang bandel, gampang ditanam serta memelihara. Meskipun tidaklah tanaman asli Indonesia, bunga air mata pengantin (Antigonon) gampang di ketahui di Indonesia.

Antigonon yaitu nama genus dari famili Polygonaceae yang terdiri atas tiga spesies. Nama latin bunga itu semasing yaitu Antigonon flavescens, A. guatemalense, serta A. leptopus. Dalam bhs Inggris tanaman ini di kenal dengan sebagian sebutan salah satunya yaitu Coral vine, Coralina, serta Bellisima grande. Di Indonesia diterangkan sebagai bunga air mata pengantin atau bunga pengantin.

Tumbuhan berbunga ini tidaklah tanaman asli Indonesia. Antigonon datang dari Meksiko serta sudah diintroduksi ke pelbagai penjuru di benua Amerika, Asia Tenggara, serta India. Masuk ke Indonesia dibawa oleh pemerintah Belanda serta buat jadi tanaman hias di taman serta pekarangan. Saat ini, bunga air mata pengantin sudah banyak dikembangbiakan di Indonesia. Type yang seringkali didapati di Indonesia yaitu Antigonon leptopus.

Diskripsi Ciri serta Karakteristik Bunga Air Mata Pengantin

Bunga air mata pengantin yaitu tumbuhan merambat (liana). Batang antigonon berusuk dengan panjang semasing rusuk seputar 3-6 cm. Batang itu mempunyai bulu-bulu halus dan ruas rusuk yang menggembung. Pada batangnya juga ada alat pembelit yang melakukan tindakan untuk ‘membelit’ pohon rambatan hingga mensupport tegaknya tanaman.
Daunnya berupa jantung, berwarna hijau, serta permukaan daun yang bergelombang (tak rata). Panjang daun antigonon pada 5-10 cm. Bunga majemuk yang tersusun pada malai serta tumbuh dari ketiak daun. Mahkota bunga air mata pengantin terdiri atas 5 lembar berwarna merah jambu atau putih, yang semasing memiliki panjang seputar 7 mm. Bentuk tiga mahkota bunga terluar bulat telur atau sama jantung, tengah bentuk dua mahkota yang lebih dalam lebih runcing. Sesudah seluruhnya mahkota mekar, mahkota bakal jadi membesar serta menyelubungi buah. Buahnya seperti selaput dengan warna kehijauan.

Juga sebagai tanaman liana yang merambat, bunga air mata pengantin kerap di ketahui merambat pada pohon-pohon yang lain. Tengah jika di kembangkan juga sebagai tanaman hias di pekarangan ataupun di taman, bunga ini bisa dirambatkan pada pagar ataupun media rambat yang lain. Tanaman berbunga ini pernah jadi tanaman favorite untuk dirambatkan pada pergola hingga sekalian melakukan tindakan juga sebagai peneduh.

Di samping juga sebagai tanaman hias, sebenarnya bunga air mata pengantin atau antigonon juga memiliki faedah juga sebagai tanaman obat herbal. Tumbuhan ini memiliki manfaat juga sebagai antidiabetes serta antitrombin. Diluar itu juga mempunyai kekuatan juga sebagai hepatoprotektif yang bisa buat perlindungan rusaknya hati. Langkah pemanfaatannya yaitu dengan meng-ekstrak akar serta rimpang air mata pengantin.
source:
Toko Bunga Bekasi Online 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar