Senin, 12 Oktober 2015

Rahasia Kembang Setaman (Bunga Setaman)

Bunga setaman kerap dipakai untuk aktivitas upacara pernikahan Jawa. Orang yang bakal menikah beberapa ada yang memakai acara siraman. Nah pada acara siraman ini umumnya air yang dipakai untuk acara ini yaitu air yang sudah di gabung dengan kembang setaman.

 Terkecuali misal diatas, ada lagi acara yang memakai kembang setaman. Aktivitas ini umumnya diakukan saat pengantin laki-laki saat bakal masuk pelaminan. Maksudnya yaitu supaya pengantin pria memiliki tubuh yang bersih serta memiliki wangi yang semerbak. Seluruhnya yang memandangnya jadi kagum pada bakal akan akan bakal oleh kewibawaan sang pengantin. Hal sejenis ini pasti jadi kebahagianan sendiri untuk pengantin putri.

Acara yang lain yakni bayi akan turun dari gendhongan untuk pertama kalinya. Orang Jawa ada yang menyebutnya ngedhun-dhuni atau yang lebih umum dengan arti tedhak siti. Sama saja juga dengan upacara penganti saat sebelum menginjakkan tanah untuk pertama kainya kakinya dibilas lebih dulu dengan bunga itu.

 Apa pun bentuk dari kembang setaman?

1. Bunga Melati
Bunga melati yaitu simbol dari kesucian lantaran warnanya putih. Maksud pemakaian atau ini berarti untuk ambillah langkah/lakukan aktivitas apa pun mesti didasari dari kemauan suci. Dengan kesucian hati bakal melahirkan kebaikan. Dari kebaikan itu bakal terwujud warna yang bakal berguna untuk memberi warna dunia ini.
Didaerah lain orang menyampaikan melati dengan arti kanthil. Jika dipakai dalam aktivitas pernikahan memiliki kandungan maksud bahwa calon pengantin berdua dapat lengket atau keduanya sama terikat kerjakan hidupnya hingga dimasa yang akan tiba. Orang Jawa katakan hingga kaken-kaken ninen-ninen (kakek-kakek nenek-nenek).

2. Bunga Mawar
Mawar yaitu lambang keberanian. Untuk kerjakan hidup ini dibutuhkan keberanian untuk merubah dunia ini dengan kebaikan. Orang kerjakan hidup tidaklah seperti burung pipit. Ia cuma buat rumah dari dahulu cuma seperti itu. Manusia dibelaki dengan pikiran yang bisa di kembangkan untuk memajukan dunia ini. Manusia memiliki nafsu untuk merubah dunia ini. Seperti kata apabila dapat dunia bakal diangkat dalam genggaman. Ini sesuai sama keduanya sama keduanya sama keduanya sama keduanya sama kodratnya yg tidak pernah sukai dengan apa yang di terima. Walaupun itu nafsu itu dapat di kembangkan dengan mencipta karya yang bakal memudahkan kehidupan manusia. Untuk kerjakan seluruhnya ini pasti mesti didasari prinsip kebenaran serta rasa sukur pada yang maha kuasa.

3. Kenanga
Bunga kenanga datang dari kata kenang-a. Kata itu memiliki kandungan arti kenanglah. Arti dari makna kata itu yaitu manusia tak lepas dari budaya ikuti atau mencontoh dari beberapa orang saat sebelum kita. Tentulah hal yang dicontoh yaitu kebaikan hidup didunia ini. Seperti kata kita sudah kuasai tehnologi dari negara barat tetapi kebiasaan sopan santun ketimuran mesti kita pakai serta dijaga lantaran warisan dari orang terdahulu yang sangatlah baik.

 Disamping untuk acara-acara di atas kembang setaman yakni grup bunga yang membuahkan aroma yang sangatlah harum. Orang kerap memakai bunga itu juga sebagai pengharum yang memiliki bahan basic dari alam. Sekianlah sepintas tentang kembang setaman. Semoga berguna untuk pembaca seluruhnya.
source:
Toko Bunga Depok 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar