Rabu, 21 Oktober 2015

Bunga Melati Lambang Kesucian nan Sederhana

Bunga Melati lambang kesucian nan sederhana terutama dengan warna putih dan bau harumnya. Karenanya bunga Melati sering dikaitkan dengan bermacam rutinitas di banyak daerah di Indonesia. Bahkan salah satu spesiesnya yakni Melati Putih ditetapkan sebagai puspa bangsa, satu dari tiga bunga nasional Indonesia.
Melati yaitu kumpulan-kumpulan tanaman perdu yang dikelompokkan dalam gebus Jasminum. Bunga berbau harum juga sebagai lambang kesucian dan kemurnian ini terdiri atas semakin lebih 200-an jenis yang menebar di seluruhnya dunia. Beberapa jenis satu diantaranya telah dibudidayakan manusia.
Di Indonesia, bunga Melati popular dengan bermacam nama daerah seperti Meulu cut atau Meulu China (Aceh), Menyuru (Banda), Menuh (Bali), Mundu (Bima dan Sumbawa), Melur atau Melor (Gayo dan Batak Karo), Menur, Mlati, atau Melati (Jawa dan Sunda), Malete (Madura), dan Manyora (Timor). Di Inggris bunga ini dikenal sebagai Jasmine, sesuai sama sama keduanya sama keduanya sama keduanya sama nama genus bunga ini, Jasminum.
Sinyal tanda dan Jenis Melati. Melati yaitu tanaman perdu, berbatang tegak merayap, dan hidup menahun. Daunnya hijau, berbentuk membulat. Bunganya mempunyai ukuran kecil, umumnya berwarna putih, berbau harum dengan mahkota bunga selapis atau menumpuk.
Tanaman dengan aroma wangi dan jadi lambang kesucian ini datang dari Asia Selatan dan menebar hampir di seluruhnya dunia termasuk di Indonesia. Semasing spesies memiliki habitat yg tidak sama, namun biasanya melati sukai pada habitat beriklim tropis pada daerah dataran rendah hingga ketinggian 1. 600 mtr. dpl.
Walaupun hanya sedikit (sekitar 9 jenis saja) yang umum dibudidayakan, bunga melati memiliki banyak spesies. Jumlah jenisnya mencapai 200-an spesies yang sebagian besar tetap masih tumbuh meliar di hutan-hutan. Beberapa spesies yang popular di Indonesia satu diantaranya yakni :
Melati Putih, Melati Air (Jasminum sambac)
Melati Gambir (Jasminum pubescens)
Melati Gambir, Melati Rimba, Star Jasmine (Jasminum multiflora)
Melati Raja, King Jasmine (Jasminum rex)
Manfaat, Makna dan Filosofi Melati. Bunga melati mempunya bermacam manfaat mulai sebagai bunga tabur, bahan pembuatan parfum, kosmetika, farmasi, karangan bunga, gabungan teh hingga jadi tanaman obat.
Selain itu bunga melati juga sering jadi alat pelengkap bermacam rutinitas yang ada di banyak daerah di Indonesia seperti dalam upacara perkawinan.
Eratnya bermacam rutinitas di nusantara yang berkenaan dengan bunga melati tidak terlepas dari makna filosofis bunga melati yang melambangkan kesederhanaan. Ini terlihat dari sosok tanaman melati yang sederhana, tumbuh meliar dan mempunyai bunga yang kecil seakan melambangkan kesederhaan.
Warnanya yang putih bersih serta tidak mencolok, bunga ini melambangkan kesucian dan keelokan budi. Bunga Melati mengeluarkan aroma harum yang lembut dan tidak menusuk hidung berikanlah makna dan kesan lembut, nyaman, dan tenang. Di samping itu, tumbuhan ini dapat tumbuh dengan mudah tidak ada membutuhkan perawatan yang rumit dan berbunga sepanjang th..
Karena itu juga tidak mengherankan apabila lantas salah satu jenis bunga melati yaitu Melati Putih (Jasminum sambac) ditetapakan sebagai puspa bangsa, satu dari tiga bunga nasional Indonesia, berdasarkan pada Kepres Nomor 4 Th. 1993.

Dan saya yakni orang yang selalu terpikat dengan kesederhanaan bunga melati yang sekalian menebarkan kesucian yang harum. Bagaimana dengan teman dekat?.
source:
Toko Bunga Jakarta Selatan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar