Kamis, 22 Oktober 2015

Aneka Tips Merawat Bunga Bunga Indah

1. Morning Glory - Grandpa Ott
Saya baru tahu tempo hari, sebenarnya Morning Glory jenis Grandpa Ott ini bijinya dapat digunakan buat mabok. Wakakakaka, dampaknya tuturnya seperti ganja. Cukup ambillah seed pot (kantong biji) yang telah tua (kecoklatan), pecah untuk di ambil di isi. Lantas bijinya digongseng/sangrai kaya kopi. Selalu digiling halus serta dikonsumsi. Dampaknya, apabila tidak diare yah mabok.... hahahaha
2. Zinia
Zinia yaitu bunga yang sangatlah mudah ditanam serta diurus. Benihnya juga besar-besar, kurang lebih memiliki ukuran 5 x 2 mm. Lalu yang istimewa yaitu bunga ini sangatlah gemari panas. Saya menanamnya satu grup dengan bunga Matahari kerdil (dwarf), yakni bunga Matahari yang waktu tingginya baru seputar kurang dari 1 m telah mulai berbunga. Jadi juga sebagai pelindung ke Zinia juga semarak saksikan warna-warni merah, pink serta kuning dari bunga Matahari.
Untuk yang berkeinginan nanam nanam bunga, juga sebagai pemula, Zinia yaitu pilihan yang bijaksana. Soalnya tak ada susah-susahnya. Rumusnya mudah : Cahaya Matahari penuh atau sedikit ternaungi serta air yang berlimpah (namun tak tergenang).
Pagi ini yang telah dapat di nikmati yaitu Zinia yang Pink serta Merah Darah. Cantik banget.
Panduan :
Siram cuma sisi akar dari Zinia untuk menghindar serangan jamur serta penyakit lain.
3. Bunga Matahari
Sama saja juga dengan Zinia, bunga Matahari juga sangatlah mudah ditanam serta dirawat. Bahkan juga lebih tahan hama jangkrik di banding Zinia. Saya menanam sebagian type bunga ini. Ada yang Lemon Queen dengan warna kuning paling cerah, selalu ada Evening Sun, yang warnanya seperti dilukis gunakan crayon (saksikan gambar yang masih tetap mekar 1/2) selalu ada pula Hopi, dsb.
Yang terbesar Mammoth Grey, lantaran ukurannya tertinggi. Serta yang ini belum berbunga. Mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja saja nanti jika tingginya telah 2 m baru bunga. Jadi saat ini saya telah dapat nikmati Bunga Matahari saya yang jenis dwarf. Kecil kecil telah bunga. Tingginya tidak hingga sepinggang saya. Ini bunga Matahari yang pas jika ditanam di pot.
Panduan :
Jangan sempat pernah pernah sangsi untuk memotong bunga jika ingin dipajang di pot. Pemotongan bunga bakal mengakibatkan tunas baru.
4. Moss Rose
Sesungguhnya ini bunga yang sangatlah merakyat sekali di Indonesia. Di tempat saya ini dimaksud bunga Ikan Teri. Soalnya daunnya memanjang tidak tipis seperti ikan teri Medan. Namun di luaran ini bunga yang termasuk sangatlah popuer untuk gardeners. Moss Rose ada 2 jenis, yang petalnya satu atau yang tumpuk. Umumnya bunga ini ditanam juga sebagai cover taman. Mekar dari pagi hingga sore. Jadi, bila ditanam dengan bener, pagi-pagi anda bakal mendapatkan kesegaran luar umum dari gabungan aneka warna bunga ini.
Perbanyakan umumnya dengan stek atau perbanyakan anakan dari akar. Namun di gerai-gerai internet, saya saksikan banyak juga di jual benih bunga ini. Saya mempunyai diperbanyak dengan batang/akar/stek.
Panduan :
Tak ada perlakuan spesial untuk bunga ini. Cukup disiram satu atau 2 x bergantung sinar matahari ditempat bunga ini tumbuh. Daunnya yg tak tipis juga sangat mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja bunga ini bisa hidup 1 minggu tak ada disiram.
5. Krisan
Jika yang ini gampang-gampang susah. Selalu jelas saya belum sukses membungakan tanaman ini dari benih/biji. Yang telah berbunga jadi yang telah dibeli jadi. Memanglah beli jadi sudha berbunga. Namun telah pernah habis, serta saat ini berbunga lagi. Saya senantiasa menggunting bunga yang telah tua untuk dikeringkan serta di ambil bijinya. Berkebun itu paling nikmat waktu seeding. Waktu menyemai benih. Saksikan tunas-tunas kecil halus tampak dari tanah semai anda itu mengasikkan.
Bunga Krisan tumbuh bagus di daerah dingin dengan cahaya matahari selama th.. Dataran tinggi Indonesia yaitu tempat ideal menanam Krisan. Namun saya nekat. Lantaran di belakang tempat saya tinggal, ada gunung, sebentar di depan seputar 200 m telah ketemu laut. Jadi, jika siang waktu angin laut berhembus, tempat saya lumayan hangat jika tidak ingin disebut menyengat. Sebentar malam hingga pagi anginnya sejuk. Jam 3 - 5 pagi, jika tak gunakan selimut dapat menggigil.
Sesungguhnya, Krisan tumbuh bagus ditempat saya. Saya menanam Krisan di daerah yang sedikit ternaungi matahari. Berarti, tak hingga sore matahari menyinari bunga-bunga Krisan saya. Paling hingga jam 12.
Panduan :
Untuk menyemai benih/biji Krisan, kerjakan didalam ruang (indoor). Benih/biji bakal tumbuh kurun waktu seputar 1 minggu bila melalui langkah konstan diletakkan ditempat yang bertemperatur 20 - 25° C.
6. Marigold
Nyaris tidak ada bunga lain yang lebih mudah dipelihara terkecuali Marigold. Karena sangat gampangnya bunga ini ditanam orang kerap lupa pada keindahannya. Dengan kelopak bunga bertumpuk, warna kuning keemasan, kuning perunggu atau kuning berkarat, orang jadi emoh dengan aroma tidak enak dari bunga ini. Hingga, lantaran baunya yg tak enak, beberapa orang menyampaikan bunga ini 'Bunga Taik Ayam'.
Saat ini gardener Indonesia lagi kepincut dengan tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Umpamanya Lavender yang juga gemari pada tempat tumbuh yang panas. Tetapi masalahnya, sangatlah sulit menyemai Lavender. Benih lavender mesti alami stratifikasi lebih dulu saat sebelum disemai. Yang dapat disiasati dengan menaruh benih sepanjang satu bulan didalam kulkas. Ini untuk ikuti kondisi alam di Eropa serta Amerika yang ada musim dinginnya.
Nah, sesungguhnya Marigold atau Bunga Taik Ayam ini mempunyai manfaat yang sama. Bahkan juga beberapa gardener barat condong menilainya Marigold lebih ampuh mengusir serangga seperti nyamuk, lantaran aromanya yang lebih menyengat. Jadi sesungguhnya jika penyuka tanaman hias kita tidak termakan tren. Saya sangka Marigold lebih mencolok serta lebih cantik di banding Lavender, diluar itu juga lebih berguna serta gampang untuk mengusir nyamuk di banding Lavender. Terlebih negri Tropis seperti Indonesia ini terang saja tak dapat menghindar dari masalah nyamuk.
Jadi tunggulah apa lagi, tidak butuh malu nanam bunga Taik Ayam. Bunga ini indah. Bahkan juga orang Barat menyebutnya Marigold. Emas nya Bunda Maria.
Panduan :
Marigold butuh cahaya matahari selekasnya. Dapat juga hidup di nyaris semuanya type tanah. Tidak butuh repot-repot menyemai benih bunga ini ditempat penyemaian, namun jika ingin taman anda rapi serta teratur yah tak ada kelirunya. Jangan sempat pernah pernah lupa, ini tanaman pengganti Baygon.
source:
Toko Bunga Jakarta Pusat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar