Rabu, 07 Oktober 2015

3 Tanaman Hias Bunga yang dijadikan Bunga Nasional

Ada 3 type tanaman hias bunga yang buat jadi juga sebagai lambang negara Indonesia atau Puspa. Bunga Nasional Indonesia yaitu tiga type bunga yang diputuskan oleh pemerintah dengan harapan dapat mewakili karakteristik bangsa serta negara Indonesia. Ketiga bunga nasional Indonesia itu yaitu bunga melati (Jasminum sambac) yang diputuskan juga sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bln. (Phalaenopsis amabilis) juga sebagai puspa pesona, serta padma raksasa atau bunga bangkai (Rafflesia arnoldi) juga sebagai puspa langka.

Ketiga bunga nasional Indonesia (puspa) sedetailnya yaitu seperti berikut :

Bunga Melati Putih (Jasminum sambac), Puspa Bangsa.

Bunga Melati Putih juga sebagai Puspa Bangsa
Bunga melati (Jasminum sambac) atau dimaksud juga melati putih yakni salah satu spesies melati yang datang dari Asia Selatan. Tanaman perdu ini menyebar dari mulai daerah Hindustan, Indochina, Malaysia, sampai ke Indonesia. Bunga melati putih diputuskan juga sebagai puspa bangsa, satu di antara tiga bunga nasional Indonesia.

Bunga Melati (Jasminum sambac) yakni tanaman perdu, berbatang tegak merayap, hidup menahun. Melati tumbuh baik di iklim panas tropik, kondisi tanah gampang, porus, berpasir hingga agak simak. Bunga melati memiliki ukuran kecil, biasanya berwarna putih, petala (mahkota bunga) selapis atau bertumpuk. Daun bentuk membulat.

Ada seputar 200 type melati yang telah teridentifikasi, namun cuma 8-9 type yang umum dibudidayakan. Di Indonesia terdapat beberapa nama lokal yang didapat pada bunga melati seperti, menuh (bali), Meulu Cina, Meulu Cut (Aceh), Malete (Madura), Menyuru (Banda), Melur (Gayo serta Batak Karo), Manduru (Menado), serta Mundu (Bima, Sumbawa). Melati memiliki bentuk mahkota yang simpel. Melati mempunyai bunga berwarna putih suci. Melati mempunyai aroma yang lembut menentramkan. Melati tak memerlukan pemeliharaan yang rumit. Harga melati yang merakyat (relatif murah). Dari seluruhnya keunggulan melati itu, tak terlalu terlalu berlebih jika lalu melati diputuskan juga sebagai bunga bangsa, salah satu dari 3 bunga nasional Indonesia.

Klasifikasi ilmiah melati yaitu seperti berikut : Kerajaan : Plantae ; Divisi : Magnoliophyta ; Kelas : Magnoliopsida ; Ordo : Lamiales ; Famili : Oleaceae ; Genus : Jasminum ; Spesies : Jasminum sambac. Persamaan kata : Nyctanthes sambac.

Anggrek Bln. (Phalaenopsis amabilis), Puspa Pesona.

Anggrek Bln. juga sebagai Puspa Pesona
Bunga anggrek bln. (Phalaenopsis amabilis) diputuskan juga sebagai puspa pesona, salah satu dari tiga puspa nasional Indonesia. Bunga anggrek bln. (Phalaenopsis amabilis) yakni salah satu type anggrek (Orchidaceae) yang memiliki ciri khas kelopak bunga yang lebar serta berwarna putih.

Anggrek bln. (Phalaenopsis amabilis) tumbuh liar serta menyebar luas dari mulai Indonesia, Indonesia, Papua, Filipina, Malaysia sampai ke Australia. Anggrek bln. hidup melalui langkah epifit yakni melekat pada batang atau cabang pohon inang. Melalui langkah liar anggrek bln. dapat tumbuh sampai pada ketinggian 600 mtr. dpl. Perawatan bunga Anggrek relatif gampang.

Keelokan anggrek bln. ini waktu itu mempesona seluruhnya pihak. Keelokannya yang mempesona jadi basic pertimbangan hingga anggrek bulanpun diputuskan juga sebagai puspa (bunga) pesona menyandingi puspa bangsa serta puspa langka.

Untuk Anda yang tertarik Budidaya Tanaman Bunga Anggrek dapat di klik.

Klasifikasi ilmiah anggrek bln. yaitu seperti berikut : Karajan : Plantae ; (tanpatingkat) Monocots ; Ordo : Asparagales ; Familia : Orchidaceae ; Subsuku : Epidendroideae ; Genus : Phalaenopsis ; Spesies : Phalaenopsis amabilis.

Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi), Puspa Langka.

Bunga Bangkai (Rafflesia arnoldi) juga sebagai Puspa Langka
Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi) diputuskan jadi puspa langka melengkapi Melati Putih (puspa bangsa) serta Anggrek Bln. (puspa pesona). Terkecuali jadi salah satu dari bunga nasional, Rafflesia arnoldii juga jadi flora jati diri propinsi Bengkulu.

Rafflesia arnoldii atau padma raksasa yang disebut tanaman endemik Sumatera yakni satu dari seputar 30-an type Rafflesia yang di ketahui di Asia Tenggara, dari mulai semenanjung Malaya, Kalimantan, Stmatra, serta Filipina. Diberi nama padma raksasa karena ukuran bunganya yang dapat meraih diameter 100 cm dengan berat 10 kg. Tumbuhan yang diputuskan juga sebagai puspa langka ini tak mempunyai batang, daun, ataupun akar yang sesungguhnya. Tumbuhan ini hidup melalui langkah endoparasit pada tumbuhan inangnya. Hanya satu sisi tumbuhan Rafflesia yang bisa dipandang diluar tumbuhan inangnya yaitu bunga bermahkota lima.

Hingga sekarang ini Rafflesia arnoldii tak pernah sukses dikembangbiakkan diluar habitat aslinya apabila akar atau pohon inangnya mati, Raflesia bakal turut mati. Oleh karenanya Raflesia memerlukan habitat rimba primer agar bisa bertahan hidup. Mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja saja karena hal sejenis ini waktu itu jadi basic pertimbangan hingga padma raksasa diputuskan juga sebagai puspa langka Indonesia. Berbarengan melati putih (puspa bangsa) serta anggrek bln. (puspa pesona), Rafflesia arnoldii jadi bunga nasional Indonesia.

Patma raksasa kerap disamakan dengan bunga bangkai (Amorphpophallus titanium). Meskipun sebenarnya keduanya yaitu bunga yg berbeda. Silakan membaca ketidaksamaannya di artikel Ketidaksamaan Rafflesia Arnoldii serta Bunga Bangkai.

Klasifikasi ilmiah padma raksasa yaitu seperti berikut : Kerajaan : Plantae ; Divisi : Magnoliophyta ; Kelas : Magnoliopsida ; Ordo : Malpighiales ; Famili : Rafflesiaceae ; Genus : Rafflesia ; Spesies : Rafflesia arnoldi

Ketiga bunga kebanggan Indonesia ini di idamkan dapat mewakili karakteristik bangsa serta negara Indonesia. Karenanya ketiganya lalu diputuskan juga sebagai bunga (puspa) nasional Indonesia. Itu ke-3 tanaman hias bunga yang diputuskan juga sebagai bunga bangsa atau lambang negara.
source:
Toko Bunga Jakarta Utara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar