Rabu, 09 Maret 2016

Fungsi dan Makna dari Mawar Berduri

Hampir umumnya orang tahu bagaimana bentuk dan penampilan bunga mawar, terutama untuk sebagian pengagum bunga potong. Tipe bunga yang sering difavoritkan ini termasuk dalam tanaman semak dari genus rosa. Bukan hanya di Indonesia, bunga mawar juga menjadikan komoditas holtikultura yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi hampir di semuanya dunia. Bunga ini seringkali disenangi oleh customer, tak tahu itu digunakan dalam industri parfum atau dijual unit maupun per kodi (20 tangkai) seperti yang diakukan kami berupa bunga potong.
hampir umumnya orang sudah tahu jika bunga mawar berduri atau termasuk dalam tanaman yang memiliki duri. Namun waktu dipasarkan untuk customer akhir, duri-duri itu kadang-kadang sudah dihilangkan agar tidak membahayakan. Namun apakah sebenarnya faedah dari mawar berduri? Mencari informasi yuk beritanya disini!

Faedah Mawar Berduri


Ada yang tahu alasan mengapa mawar berduri? Mawar jadi tanaman yang cantik, namun tentu durinya sungguh bahaya bila dipegang. Namun adakah faedah dari duri-duri pada mawar? Pastinya ada!

Faedah pertama dari mawar berduri yakni sebagai pertahanan. Sekian banyak binatang pemangsa yang sukai konsumsi bunga, seperti binatang herbivora dan serangga. Mawar yaitu tumbuhan merambat dan tidak merambat yang bisa mencapai ketinggian 2-5 mtr.. Faedah mawar berduri yakni sebagai pengait untuk berpegangan dan merambat menuju datangnya sinar matahari (untuk mawar tipe rambat). Mawar berduri juga buat perlindungan tanaman dari bahayanya erosi.

Mawar berduri memiliki susunan lurus dan biasanya setajam jarum, sampai bila tersentuh dengan kulit akan terasa sakit dan kerapkali melukai kulit hingga berdarah. Duri pada mawar termasuk dalam segi dari mawar itu. Segi itu disebut dengan organ aksesories. Ada tanaman mawar yang memang memiliki organ aksesories sejati dan ada yang jalan karena perkawinan silang. Bukan hanya ada pada mawar, organ aksesories ini bisa dapat di kenali di sebagian tanaman yang lain.

Sejarah Mawar Berduri

Meskipun dapat diterangkan lewat langkah biologi, namun mawar berduri juga memiliki ceritanya sendiri dalam mitologi Yunani. Cerita yang popular yakni tentang Cupid (dewa/dewi asmara) yang tengah memanah namun tak memiliki tekad meleset dan lantas anak panah itu mengenai batang mawar. Sekianlah asal mula mawar berduri yang sudah diceritakan turun-temurun berdasarkan pada mitologi Yunani.

Kemunculan Mawar Tidak Berduri

Mawar berduritelah sering Anda temui. Duri-duri ini berbeda teksturnya sama juga dengan varietas bunga mawarnya. Namun benarkah jika ada mawar yang benar-benar tidak memiliki duri?

Di satu di antara daerah pegunungan di papua, di kenali mawar yg tak memiliki duri. Namun tanaman ini berbeda dengan tanaman mawar umumnya. Jika saja tanaman mawar berbentuk seperti semak, jadi mawar tidak berduri ini lebih sama saja dengan pohon waktu tumbuh besar. Mawar ini berkembang biak lewat langkah tunas dan bisa tumbuh dengan cepat, terlebih di daerah sub-tropis dan daerah pegunungan yang dingin.

Bunga mawar ini memiliki asal-usul yang menarik. Diterangkan apabila bunga mawar ini jalan karena peristiwa seorang remaja menyesal akan kesalahannya dan lantas memutuskan untuk berguling-guling ke tanaman mawar berduri. Duri-duri pada mawar itu masuk dalam tubuhnya dan lahirlah tumbuhan mawar tidak berduri. Bila Anda tertarik dengan cerita lebih lanjutnya dan kehendaki nikmati keindahan bunga mawar tak berduri ini, Anda bisa datang ke Lembah Moanemani, Dogiyai, Papua.
source:
Toko Bunga Karang Anyar Palembang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar