Rabu, 09 Maret 2016

Bunga Melati Lambang Kesucian nan Sederhana

Bunga Melati simbol kesucian nan simpel terlebih dengan warna putih serta bau harumnya. Karena itu bunga Melati kerap dihubungkan dengan beragam kebiasaan di banyak daerah di Indonesia. Bahkan juga satu diantara spesiesnya yaitu Melati Putih diputuskan sebagai puspa bangsa, satu dari tiga bunga nasional Indonesia.

Melati yakni sebagian himpunan tanaman perdu yang digolongkan dalam gebus Jasminum. Bunga berbau harum sebagai simbol kesucian serta kemurnian ini terdiri atas makin lebih 200-an type yang menyebar di semua dunia. Sebagian type salah satunya sudah dibudidayakan manusia.

Di Indonesia, bunga Melati popular dengan beragam nama daerah seperti Meulu cut atau Meulu China (Aceh), Menyuru (Banda), Menuh (Bali), Mundu (Bima serta Sumbawa), Melur atau Melor (Gayo serta Batak Karo), Menur, Mlati, atau Melati (Jawa serta Sunda), Malete (Madura), serta Manyora (Timor). Di Inggris bunga ini di kenal sebagai Jasmine, sama saja dengan nama genus bunga ini, Jasminum.

Tanda sinyal serta Type Melati. Melati yakni tanaman perdu, berbatang tegak merayap, serta hidup menahun. Daunnya hijau, berupa membulat. Bunganya memiliki ukuran kecil, biasanya berwarna putih, berbau harum dengan mahkota bunga selapis atau menumpuk.

Tanaman dengan aroma wangi serta jadi simbol kesucian ini datang dari Asia Selatan serta menyebar nyaris di semua dunia termasuk juga di Indonesia. Semasing spesies mempunyai habitat yang tidak sama, tetapi umumnya melati gemari pada habitat beriklim tropis pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1. 600 mtr. dpl.

Walau cuma sedikit (sekitaran 9 type saja) yang umum dibudidayakan, bunga melati mempunyai banyak spesies. Jumlah macamnya meraih 200-an spesies yang beberapa besar tetap masih tumbuh meliar di sebagian rimba. Sebagian spesies yang popular di Indonesia salah satunya yaitu :

Melati Putih, Melati Air (Jasminum sambac)
Melati Gambir (Jasminum pubescens)
Melati Gambir, Melati Rimba, Star Jasmine (Jasminum multiflora)
Melati Raja, King Jasmine (Jasminum rex)
Faedah, Arti serta Filosofi Melati. Bunga melati mempunya beragam faedah mulai sebagai bunga tabur, bahan pembuatan wangi-wangian, kosmetika, farmasi, karangan bunga, paduan teh sampai jadi tanaman obat.

Diluar itu bunga melati juga kerap jadi alat pelengkap beragam kebiasaan yang ada di banyak daerah di Indonesia seperti dalam upacara perkawinan.

Eratnya beragam kebiasaan di nusantara yang terkait dengan bunga melati tak lepas dari arti filosofis bunga melati yang melambangkan kesederhanaan. Ini tampak dari sosok tanaman melati yang simpel, tumbuh meliar serta memiliki bunga yang kecil seolah melambangkan kesederhaan.

Warnanya yang putih bersih dan tak mencolok, bunga ini melambangkan kesucian serta keelokan budi. Bunga Melati keluarkan aroma harum yang lembut serta tak menusuk hidung berikanlah arti serta kesan lembut, nyaman, serta tenang. Selain itu, tumbuhan ini bisa tumbuh dengan gampang tak ada memerlukan perawatan yang rumit serta berbunga selama th..

Karenanya juga tak mengherankan bila lalu satu diantara type bunga melati yakni Melati Putih (Jasminum sambac) ditetapakan sebagai puspa bangsa, satu dari tiga bunga nasional Indonesia, berdasar pada Kepres Nomer 4 Th. 1993.

Serta saya yaitu orang yang senantiasa terpikat dengan kesederhanaan bunga melati yang sekalian menyebarkan kesucian yang harum. Bagaimana dengan sahabat?
source:
Toko Bunga Cibiru Bogor 

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus